Jumat, 26 Juni 2015

Cuaca Perairan Indonesia Hari Ini

Peta Gelombang dari tanggal 27 Juni 2015 pukul 07:00 - 19:00 WIB . (Sumber: BMKG)

Saat ini Indonesia memasuki angin musim timur, dimana angin bergerak dari Angin di atas wilayah Perairan Indonesia, di Utara Khatulistiwa umumnya bertiup dari Selatan sampai Barat dan di Selatan Khatulistiwa umumnya bertiup dari arah Tenggara sampai Barat Daya dengan kecepatan angin berkisar antara 3 sampai 25 knot. Wilayah Indonesia yang berada di bagian selatan khatulistiwa, angin bergerak dari arah Selatan, Tenggara dan timur. Sedangkan untuk wilayah Indonesia yang berada di Bagian Utara Khatulistiwa angin bergerak dari arah Selatan dan barat.

Memasuki minggu ke 3 pada bulan juni 2015, sejumlah wilayah perairan berpeluang terjadi  pertumbuhan awan dan hujan disertai Badai Guntur dapat terjadi di Laut Andaman, Perairan Kep. Sangihe Talaud dan Samudera Pasifik Utara Halmahera dan Utara Papua.


Gelombang di sejumlah perairan Indonesia sangat beragam, berkisar 0.5 - 5 meter.  Perairan di Indonesia Timur bagian selatan menghadapi cuaca yang cukup buruk, dimana angin bergerak cukup kencang dan membangkitkan gelombang yang cukup tinggi. Sementara perairan Indonesia di bagian Utara Khatulistiwa angin bergerak lebih rendah dan gelombag yang relatif lebih rendah.

Gelombang Laut dengan tinggi 2.0 meter s/d 3.0 meter berpeluang terjadi di : Perairan Aceh, Perairan pulau Enggano, Perairan Selatan pulau Jawa, Samudera Hindia Barat pulau Sumatera hingga Selatan Jawa Tengah, Laut Jawa bagian Timur, Perairan Selatan Kalimantan, Selat Makassar bagian Selatan, Laut Flores, Perairan Nusa Tenggara, Perairan Sulawesi Selatan, Perairan Sulawesi Tenggara, Teluk Tolo, Perairan Sulawesi Utara, Laut Maluku, Perairan Kep. Sangihe, Perairan Halmahera, Laut Halmahera, Laut Aru bagian Timur, Perairan Fakfak dan Perairan Kep. Raja Ampat.

Gelombang Laut dengan tinggi 3.0 meter s/d 5,0 meter berpeluang terjadi di : Laut Andaman, Laut Tiongkok Selatan, Samudera Hindia Selatan Jawa Timur, Laut Sumbawa, Perairan Selatan Bali dan Nusa Tenggara, Perairan pulau Sumba, Laut Sawu, Perairan Kupang dan Pulau Rote, Laut Timor, Perairan Kep. Talaud, Samudera Pasifik Utara Halmahera, Laut Buru, Perairan Selatan pulau Buru dan pulau Seram, Laut Banda, Perairan pulau Wetar dan Kep. Leti, Perairan Kep. Babar dan Kep. Tanimbar, Perairan Kep. Kai dan Kep. Aru, Laut Aru bagian Barat, Laut Arafura, Peraira pulau Yos Sudarso dan Perairan Merauke. 

Sumber: BKMG

Tidak ada komentar: